The quick brown fox jumps over the lazy dog

The quick brown fox jumps over the lazy dog
merupakan kalimat standard yang sering digunakan oleh para teknisi mesin ketik (kala mesin ketik masih populer) di Amerika dan Inggris untuk memeriksa apakah mesin ketik bekerja dengan baik.
Mengapa demikian? karena dalam kalimat "The quick brown fox jumps over the lazy dog" semua huruf dalam abjad latin dipergunakan. Jadi ketika sebuah mesin ketik bisa digunakan untuk mengetik kalimat itu dengan lengkap, maka berarti semua tuts abjad pada mesik ketik itu berfungsi dengan baik.

Pada tahap selanjutnya kalimat "The quick brown fox jumps over the lazy dog" sering juga dipergunakan sebagai kalimat standard untuk menampilkan contoh font dalam program komputer maupun alat elektronik lainnya. Alasannya sama, karena pada kalimat "The quick brown fox jumps over the lazy dog" semua huruf dipergunakan jadi jelas bagaimana bentuk huruf-huruf pada tipe font tersebut. termasuk proporsinya apabila digunakan dalam sebuah kalimat.

Kalimat yg sama juga bisa kita temukan saat kita akan mengubah font dan ukuran huruf pada handset Blackberry. Kalimat "The quick brown fox jumps over the lazy dog" juga bisa kita gunakan untuk men-test keypad gadget baru yang kita beli, apakah semua keypad nya berfungsi dengan baik atau tidak. Termasuk bagaimana kenyamanan saat mengetik kalimat tersebut.

Keterangan lebih lanjut bisa dibaca di :
en.wikipedia.org/wiki/The_quick_brown_fo...ps_over_the_lazy_dog

1 comment: