Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang berukuran kecil dimana ginjal orang dewasa berukuran kurang lebih sebesar mouse komputer konvensional. Namun walaupun ukuran nya kecil, bukan berarti fungsi nya bagi tubuh juga kecil.

Fungsi ginjal yang utama buat tubuh adalah :
a. Menyaring dan membuang sampah dari dalam tubuh.
b. Membantu mengatur tekanan darah.
c. Menjaga kesehatan tulang.
d. Merangasang produksi sel darah merah.

Ada 2 penyakit yang sering mengakibatkan orang mengalami gangguan ginjal yaitu diabetes dan hipertensi. 27% gangguan ginjal diakibatkan oleh diabetes, sedangkat 44% gangguan ginjal diakibatkan oleh hipertensi.

Bagaimana Diabeter bisa merusak ginjal?
Kandungan gula yang terlalu banyak dalam darah dan dalam jangka waktu yang lama, bisa mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah kecil. Dan dalam organ ginjal, terdapat berjuta-juta saluran pembuluh darah kecil, sehingga otomatis apabila pembuluh darah kecil dalam ginjal rusak akibat diabetes, maka dengan sendirinya fungsi ginjal akan juga terganggu. Sampah-sampah metabolisme dalam tubuh tidak bisa disaring dan dibuang secara maksimal sehingga akhir nya menumpuk dalam pembuluh darah. Tubuh juga jadi menyimpan air dan garam lebih banyak dari yang seharusnya, sehingga seringkali sakit ginjal juga ditandai dengan bengkak pada kaki dan tubuh.

Bagaimana Hipertensi bisa merusak ginjal?
Hampir sama dengan kasus diabetes, kerusakan ginjal akibat hipertensi juga berkaitan dengan rusak nya pembuluh darah. Pada penderita hipertensi, maka jantung nya bekerja lebih keras dan dalam jangka waktu yang lama. Hal itu menyebabkan pembuluh darah rusak dan pada gilirannya ginjal yang terdiri dari berjuta-juta pembuluh darah juga mengalami gangguan bila pembuluh darah didalam nya rusak. All in one promo - Santika 

and Amaris

No comments:

Post a Comment