Takdir Nobunaga

Seorang samurai Jepang yang terkenal bernama Nobunaga memutuskan untuk menyerang musuh meskipun ia hanya mempunyai prajurit dengan jumlah sepersepuluh dari jumlah prajurit yang dimiliki oleh lawannya. Nobunaga tahu bahwa dia akan menang, tapi tentaranya berada dalam keraguan.

Dalam perjalanan ke medan pertempuran, Nobunaga berhenti di sebuah kuil Shinto dan memerintahkan anak buahnya untuk beristirahat dan berdoa. Kemudian Nobunaga berkata : "Setelah saya mengunjungi kuil saya akan melemparkan sebuah koin. Jika kepala yang diatas, kita akan menang, tetapi jika ekor, kita akan kalah. Biarlah Takdir yang menentukan nasib kita hari ini"


Oda Nobunaga
Oda Nobunaga


Nobunaga memasuki kuil dan berdoa dalam hati. Kemudian Nobunaga keluar menemui para prajurit nya di luar kuil dan mulai melemparkan koin. Ternyata kepala yang muncul. Tentaranya begitu bersemangat untuk berjuang karena mereka menganggap bahwa para dewa telah menentukan takdir kemenangan bagi mereka melalui petunjuk koin.

Satu hal yang tidak diketahui oleh prajurit Nobunaga saat itu adalah, koin
Nobunaga mempunyai gambar kepala di kedua sisi nya.

Moral dari cerita ini adalah : terkadang sebagai seorang pemimpin, kita harus bisa membangkitkan semangat dan keyakinan pada diri bawahan kita sehingga dengan demikian mereka lebih tangguh dalam menghadapi masalah yang dihadapi dan keluar sebagai pemenang.

No comments:

Post a Comment